Breaking News

Friday, April 8, 2016

TIPE TIPE SISWA SAAT UJIAN

Assalammu'alaikum...Wr..Wb..
Salam sejahterah moga saudara/saudari/teman dan siswa siswi semua selalu dalam lindungan Alloh SWT. Langsung aja semuanya ya ? Kali ini ane akan ambil topik tentang kategori atau tipe siswa saat akan menghadapi sebuah Ujian atau UN. Dari hasil pengamatan ataupun nasehat sambutan dari bapak Komite Sekolah pas Mujahadah I UN 2016 kemaren Sabtu tanggal 2 April 2016, ada beberapa tipe siswa saat akan menghadapi Ujian, antara lain :
1. Biasa Saja
Untuk siswa yang model seperti ini adalah yang paling ideal karena secara mental dan keilmuan, dua duanya siap semuanya. Dia sudah sering ikut Les baik les Bimbel / privat / les di sekolahan, banyak latihan / tryout, otaknya juga encer atau kalo tidak dia punya bekal anaknya rajin (giat belajar), masih ditunjang lagi oleh rasa percaya diri yang tinggi sehingga ia pun siap secara mental. Maka, baginya Ujian hanyalah sebuah latihan biasa yang sudah sering ia santap sehari hari sehingga Insha Alloh pun hasil maksimal pun akan dia peroleh
2. Cemas
Untuk siswa model kedua ini biasanya ada siswa yang siapnya hanya 1 saja yakni hanya secara keilmuan tapi secara mental dia belum Pede sehingga masih merasakan cemas / galau atau dalam bahasa show nya yakni demam panggung  ketika menghadapi penonton (dalam hal ini  Ujian itu sendiri). Sebetulnya untuk masalah krisis mental ini bisa disiasati atau diselesaikan dengan do'a (spiritual), mengatur tarik nafas dan lain sebagainya karena modal yang utama yakni secara materi (keilmuan) sudah dia miliki tinggal bagaimana cara menghilangkan kecemasaannya sendiri saja : #ayo_semangat !!!
3. Stress
Untuk kategori siswa yang nomor 3 ini yakni kondisi yang cukup parah karena dia tidak memiliki kesiapan dari segi apapun baik dari keilmuan maupun dari mental juga tidak siap tapi ketika Ujian (UN) itu tiba, dia baru sadar dan kebingungan sehingga akhirnya Stress pun menghantui karena nilai nya nanti takut jelek, takut ga keterima di sekolahan negeri dsb....
4.  Santai Santai Saja
Sedangkan untuk kategori siswa yang terakhir yakni siswa yang nomor 4 ini yakni kondisi yang #paling_parah.  Tanya Kennapa ? Ya arti dari santai-santai disini bukan seperti kondisi seperti pada jenis siswa yang pertama yakni biasa saja karena dia sudah siap tapi memang tidak ada persiapan sama sekali karena dia tidak memikirkan nilai UN mau dapat berapa atau mau sekolah lanjut kemana ? #parah_banget kalo udah kayak begini khan ? Hampir bisa diartikan siswa yang seperti ini adalah seperti anak yang tidak memikirkan masa depannya sendiri (Naudzubillah), entah apa yang ada dipikirannya ? :-(
Alumners Angkatan 5 mohon do'a restu UN SMA 2016

So..., dari ke 4 kategori (Tipe siswa) tersebut, kalian termasuk yang mana ? Semoga tidak ada yang termasuk kategori nomor 3 dan 4 ! Ya minimal yang Nomor 2 atau syukur lebih baik jika bisa yang nomor 1 yakni menjadi siswa yang siap lahir dan batin, yang secara keilmuan serta mentalnya semua mendukung 1 sama lainnya. Akhir kata Kami Bpk/Ibu Guru & Orang Tua kalian semuanya do'akan : "semoga angkatan 9 SMPIP Assalamah ini dan bagi Alumners angkatan 5 yang kemarin UN SMA semuanya mendapatkan hasil Nilai Ujian Nasional Murni / NEM yang memuaskan sehingga bisa masuk sekolahan atau Perguruan Tinggi yang diinginkan !"

Wassalammu'alaikum..Wr..Wb..


 

No comments:

Post a Comment

Designed Template By Blogger Templates - Redesigned By TIKSMP.ORG